Loading

Review Seagate FreeAgent GoFlex

Fleksibel Ganti Kabel

Daripada menyediakan ragam port secara opsional, membuka struktur SATA dan menyediakan kabel dengan berbagai koneksi akan lebih terasa mudah.

Jika storage eksternal yang kita tahu selama ini hanya mengandalkan kabel USB atau FireWire saja, solusi GoFlex dari Seagate kali ini jauh lebih leluasa. Pasalnya, kita bisa menggunakan beragam kabel dan koneksi yang tersedia. Melalui produk FreeAgent GoFlex, Seagate memperkenalkan storage yang menawarkan kebebasan konektivitas sesuai kebutuhan penggunanya.

Sebagai penyimpan data utama, bentuk FreeAgent GoFlex sebenarnya mirip dengan harddisk eksternal 2,5” umumnya. Namun bagian koneksi ke storage ternyata memanfaatkan langsung struktur koneksi SATA. Caranya dengan membuat area koneksi SATA (dan juga bagian daya) terbuka sebagaimana harddisk SATA umumnya. Struktur terbuka seperti ini memungkinkan harddisk bisa digunakan juga sebagai storage dalam PC meski bukan dimaksudkan untuk itu.

Untuk menghubungkan FreeAgent GoFlex ini, Seagate menyertakan sebuah cradle atau docking mini dengan ujung koneksi USB. Seagate juga menyediakan pilihan koneksi lainnya mulai dari FireWire 800, eSATA, hingga USB 3.0 untuk koneksi yang lebih cepat. Hanya saja paket kabel docking ini dijual terpisah dari paket utama.

Bagi mereka yang membutuhkan storage portabel yang koneksinya bisa diganti sesuai kebutuhan, Seagate FreeAgent GoFlex memang menjadi solusi cerdas yang fleksibel. Dukungan aplikasi yang disertakan untuk keperluan manajemen dan backup pun juga sangat membantu pemakai awam. (Deny Prasetyo)

Spesifikasi Seagate FreeAgent GoFlex

Interface

USB 2.0/3.0, FireWire 800, & eSATA

Kapasitas

320 GB – 1 TB

Tombol akses

Tidak ada

Software backup/recovery

Seagate Dashboard

Bobot

148 gram

Garansi

2 tahun

Situs Web

http://www.seagate.com

Harga kisaran*

US$66/87/191 (320/500 MB/1 TB)

* Bhinneka.com, (021) 426-1617 Minggu pertama September 2010


Pilihan Kabel Koneksi yang Fleksibel

-GoFlex AutoBackp -- US$ 30
-GoFlex USB 3.0 --
US$ 30
-GoFlex eSATA
-- US$ 30
-GoFlex FireWire 800 --
US$ 35




GoFlex Net

Docking terpisah seharga US$95 ini berguna untuk berbagi-pakai GoFlex melalui jaringan dan dapat menerima hingga 2 buah peranti GoFlex sekaligus. Sebuah port USB juga tersedia untuk mengoneksikan peranti USB lainnya ke dalam jaringan.


GoFlex Desk
Paket docking plus kit seharga US$85 untuk mewujudkan kanal USB 3.0 pada komputer yang belum mendukung koneksi baru ini. Umumnya komputer generasi sebelum tahun 2010 lebih banyak menyediakan port USB 2.0, kit GoFlex Desk akan menjadi solusi untuk membangun USB 3.0 pada sistem lawas tersebut.



Plus
: Sistem koneksi SATA terbuka; pilihan kabel koneksi yang luas; ada dukungan software; Garansi 2 tahun.

Minus : Opsi kabel agak mahal.

Skor Penilaian
- Kinerja : 4
- Fasilitas : 4
- Penggunaan : 4, 5
- Harga : 4,5
- Skor Total : 4,15

sumber :infokomputer.com

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

lets chat

By enda fiVers
free counters

Followers