Loading

ZTE Salip BlackBerry, Jadi Pabrikan Ponsel Nomor 4 Dunia




Ada kabar mengejutkan dari ZTE, dimana menurut laporan IDC pabrikan asal Cina ini makin mengukuhkan diri menjadi salah satu raksasa besar di industri selular. Dari IDC diketahui bahwa ZTE telah mengirimkan lebih banyak ponsel ke penjuru global dibanding RIM, pabrikan BlackBerry untuk tahun 2010. Padahal, awalnya ZTE hanya diyakini unggul di pasar Eropa dan Amerika Utara saja.

Tahun kemarin pihak ZTE berhasil mencatatkan rekor dalam kenaikan penjualan ponsel lebih besar ketimbang brand lain, yang akhirnya memposisikannya dalam empat besar pabrikan dunia. Menurut IDC, ZTE berhasil menjual 51,8 juta ponsel di 2010, jauh lebih besar dibanding pada 2009 yang sebatas 26,7 juta unit. Angka itu pun terhitung 3 juta unit lebih banyak dibanding ponsel yang dijual RIM.

Berdasarkan data tersebut, RIM-BlackBerry terlempar ke posisi lima. Dan, Apple keluar dari daftar 5 besar, setidaknya untuk sekarang ini. Sony Ericsson, Motorola dan HTC berturut-turut menempati posisi 6, 7 dan 8.

Ada hal menarik dari laporan IDC, dimana pertumbuhan pasar ponsel secara global tercatat naik 18,5% di tahun 2010. Selai itu, LG diketahui sebagai pabrikan yang rutin mengalami penurunan, meskipun cuma di kisaran 1%. Walau pun begitu, kemungkinan sih ‘imej’ LG bisa terdongkrak kembali dengan produk terbarunya kelak, Optimus 2X dan Optimus Black.

StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

lets chat

By enda fiVers
free counters

Followers